Tidak Suka Belajar?

Aku bukan pelajar yang baik – aku tidak selalu memerhatikan guru di kelas. Aku tidak mengobrol, tetapi bengong. Seorang psikolog pernah berkata pada ibuku bahwa aku memiliki daya konsentrasi yang pendek, mungkin dapat aku katakan sebagai short attention span. Katanya, ketika aku belajar, aku harus menghadap tembok agar konsentrasiku tidak teralihkan. Sebenarnya tidak seburuk itu, tetapi hal ini cukup membuatku jadi tidak suka belajar. Aku jadi mudah bosan dan mencari kegiatan lain yang lebih menarik dan membutuhkan tubuhku untuk bergerak. Sampai sekarang, aku masih tidak suka belajar, membaca pun tidak suka. Tetapi aku suka berhitung, karena menghitung tidak menghafal, tapi butuh logika.

Pada dasarnya, aku ini tidak suka belajar. Jadi, ketika ditanya pelajaran apa yang paling aku suka, jawabannya tidak ada. Aku tidak suka belajar apa-apa. Tetapi, ada 2 pelajaran yang lumayan aku nikmati selama berada di jurusan IPA ini.

Yang pertama, aku menikmati pelajaran kimia. Kimia adalah pelajaran yang tidak mudah, tetapi tidak sulit pula. Jika banyak latihan dan rajin mendengarkan guru, pasti bisa. Aku sebisa mungkin menyimak Bu Tanti dan Pak Agus agar aku tidak ketinggalan, sehingga nanti saat ulangan aku bisa mengerjakannya. Aku menyukai kimia karena ketika sudah memahami pelajarannya, menghitung dan mengerjakan soalnnya menjadi lumayan mudah karena sudah mengerti konsepnya. Mengerjakan soal kimia jadi seperti mengerjakan teka-teki, karena prosesnya menyenangkan.

Yang kedua, pelajaran lain yang kunikmati adalah biologi. Yah, walaupun ketika harus mempersiapkan ulangan aku terseok-seok karena banyak yang harus dihafalkan, tetapi aku menyukai ilmunya, apa yang dipelajari, terutama mengenai tubuh manusia. Aku kurang menyukai ilmu-ilmu tanaman karena aku tidak menyukai tanaman. Selain itu juga, aku jadi suka mencatat berkat Inten. Inten mengajarkanku untuk mencatat menggunakan pen yan berwarna-warni sehingga catatan menjadi lebih menarik dan lebih mudah menempel ke otak. Hal itu terbawa sampai sekolah. Catatan biologiku sangat warna-warni, dan aku suka membacanya.


Sekarang, aku dihadapkan pada 2 pilihan: UN kimia atau biologi. Besok, aku sudah harus menuliskan di kertas, kimia atau biologi. Semoga keajaiban terjadi dan aku tahu apa yang harus aku pilih saat bangun tidur.

Komentar

  1. The 22nd Chance Slot from Pragmatic Play at Mapyro
    The 22nd Chance Slot is a 5 reel, 3 row 동해 출장마사지 and 대전광역 출장안마 20 제주도 출장마사지 lines 충주 출장샵 slot machine. Play with or against computer opponents for free 태백 출장샵 or real money.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer